Jumat, 06 Maret 2009

KeepYour Culture Survive. I am A Balinese









Hi. I was looking something new in my life. But until now, I can not find anything surprise.

Could you help us find the new style without making our culture dead

Nasionalisme....Kapan kita kembali ke Pancasila?

Dengan sumber daya alam yang dimiliki dan lingkungan yang tetap kita jaga, dengan modal nasionalisme religius kita pasti akan sejahtera, maju dan beradab. Mereka membutuhkan kita, mereka akan datang kepada kita, mereka akan membayar kita untuk dididik, mereka membutuhkan berkomunikasi dengan kita, mereka akan belajar bahasa kita, mereka perlu bekerja di negara kita, mereka akan menjual murah sains dan teknologinya kepada kita.
Sudahkah nasionalisme berlandaskan Pancasila tercipta di bumi nusantara ini??? Tanyakan diri masing-masing, apakah anda berkiblat ke Amerika, Inggris, Jerman, Australia, Jepang, Arab, India, Cina,….? Apakah anda antusias sampai keubun-ubun ketika menceritakan pengalaman/kebanggaan anda ketika di luar sana lalu menggagahi mereka yang tidak tahu dengan mencaci maki situasi di bumi nusantara ini? Apakah anda melihat peradaban arab/orang arab lebih suci lalu ingin berubah menjadi mereka? Apakah kalian melihat peradaban india/orang india lebih unggul lalu ingin berubah menjadi mereka?, Apakah kalian memandang orang yahudi sebagai etnik istimewa yang selalu menang dan diberkati?
Kemanakah komponen-komponen bangsa ini sebenarnya berafiliasi? Mengapa kita pada ke mana-mana dengan membawa misi beragam dan sering bertentangan di bumi nusantara ini? Bumi nusantara ini sudah lama menjadi medan pertentangan antek-antek asing ini. Antek-antek asing ini merasa hebat dengan sukarela, atau kepentingan sesaat, begitu haus dan semangat menyebar luaskan seruan-seruan tuannya. Secara lahiriah kita masih dalam suatu bangsa, tetapi secara batiniah, kita sudah tercabik-cabik.
Kalau situasi ini tidak berubah, Indonesia bukannya semakin maju, melainkan menuju keterpurukan dan bahkan kepunahan. Kembalilah semua kepada Pancasila. Berkiblatlah kepada nasionalisme Pancasila. Hanya dengan ini bangsa ini maju dan bahkan memberikan kemaslahatan kepada dunia internasional. Jangan mudah menanggalkan akar budaya bangsa yang terkristalisasi dalam Pancasila. Demikan mudahnya anda menggalkan akar budaya anda, demikan mudahnya anda akan tercabut dari eksistensi anda, dari generasi anda. Anda telah menjadi orang yang hilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar